.

Tentang G-Harmony

Minggu, September 26

Deskripsi G-Harmony

  • G-Harmony menurut bahasa:
G-Harmony berasal dari dua suku kata yaitu G dan Harmony. G adalah sebuah huruf yang sering digunakan dalam ilmu musik. G bisa saja dipahami sebagai salah satu jenis akord yaitu akord G dan bisa juga dimaknai dengan nada kelima dari jenjang tangga nada C Mayor. Namun pemakain huruf G pada kata G harmony diambil sebuah nama tanda kunci yaitu tanda kunci G. Tanda kunci G adalah petunjuk yang menetapkan dimana letak notasi nada G yaitu garis kedua dihitung dari bawah dari garis pranada. Kunci G dalam ilmu musik disebut juga dengan kunci trebel dan kunci suara tinggi.

Sedangkan kata Harmony (harmonie) dalam ilmu musik adalah sebuah kajian dalam musik yang membahas tentang perihal keindahan komposisi musik.

  • G-Harmony menurut istilah:
G merupakan simbol bahwa komunitas ini adalah komunitas yang beranggotakan  anak-anak musik,   tepatnya Mahasiswa Seni Musik angk 2006 FSD Univ. Negeri Makassar. Sedangkan Hamony bermakna banyaknya perbedaan yang disatukan dalam satu wadah sehingga perbedaan-perbedaan itu menciptakan suatu keindahan.

  • Sejarah G-Harmony
G-Harmony merupakan nama kedua dari komunitas ini dimana nama sebelumnya yaitu D-Harmony.  tepatnya terbentuk pada tgl 7 Januari 2008 yang juga merupakan hari persahabatan. Nama tersebut beranggotakan hanya beberapa orang saja dari Mahasiswa Seni Musik angk 2006 FSD Univ. Negeri Makassar. meskipun hanya merupakan kelompok kecil tapi D-Harmony sebelumnya sudah membuktikan eksistensi mereka di kampus. Seringkali juga menampilkan pertunjukan-pertunjukan secara bersama-sama.

Tapi lama kelamaan, nama tersebut berubah menjadi G-Harmony yang beranggotakan 17 orang yang merupakan mahasiswa/ mahasiswi dari FSD UNM keahlian seni musik. mengapa hanya 17 orang ? sebenarnya bukan maksud untuk mengkotak-kotakkan teman, hanya saja G-Harmony pada saat terbentuk sudah konsisten untuk menjaga pertemanan dalam bentuk apapun itu. saling membantu dan memberi support meskipun tidak dapat dipungkiri adanya perbedaan tapi selama kurun waktu kurang lebih 4,5 tahun anggota yang tergabung dalam G-Harmony sudah membuktikan kebersamaan mereka. kemudian anggota G-Harmony memberi nama "sahabat Harmony" untuk seluruh Mahasiswa Seni Musik angk 2006 FSD Univ. Negeri Makassar. kelompok ini bukan hanya dibentuk untuk mejeng dan hura-hura bersama, tetaipi lebih kepada  kepedulian terhadap indahnya kebersamaan yang terjalin sesama mahasiswa yang notabene berasal dari daerah yang berbeda.

G-Harmony diharapkan menjadi bagian terindah dari mahasiswa seni musik FSD UNM. dalam setiap hal yang dilakukan semampu mungkin adalah kegiatan yang berbau positif, memberikan dampak yang baik untuk teman-teman yang bergabung didalamnya dan senantiasa menunjukkan kepada yang lain bahwa G-Harmony cinta damai.
Tidak dipungkiri selama kurang lebih 4,5 tahun perjalanan G-Harmony, banyak pengalaman-pengalaman yang menarik. bukan hanya bagian senang-senangnya saja, malah terkadang penuh dengan percekcokan....hehehe wajarlah, namun disitulah keindahan sebuah persahabatan...dari semua pengalaman inilah yang akhirnya menjadi background akan kekuatan persahabatan yang dimiliki oleh G-Harmony...
Cukup sampai disini dulu... Insya Allah sahabat Mangkawani G-Harmony akan melanjutkan cerita tentang G-Harmony ini.